Langsung ke konten utama

Pengertian softswitch

Pengertian Softswitch


Softswitch adalah suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telpon tetap (PSTN), internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler yang telah ada selama ini.


1. Komponen – komponen softswitch
  • Gateway Controller (GC)  berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi elemen-elemen jaringan yang lain.
  • Signaling Gateway (SG)  suatu jembatan antara jaringan SS7 dengan jaringan IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menangani pensinyalan SS7.
  • Media Gateway (MG)  berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda.
  • Feature Server (FS)  menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen yang lain pada softswitch tersebut.
  • Media Server (MS)  fungsinya yakni, untuk memperkaya softswitch dengan kemampuan media. Misalnya yakni untuk menanggapi respon suara, tugas itu akan dilakukan oleh media server.


Kapasitas softswitch
a.Softswitch harus mampu menangani traffic panggilan minimal 4 juta BHCA dan secara flexible dapat ditambah kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan
b.   Kapasitas system harus didesain secara modular dan dalam penambahan modul-modulnya tidak akan mengganggu operasi sitem yang sedang berlangsung ( hot swapable ).


2.Fitur –fitur yang ada di softswitch
  1. Abreviated dialing:ini adalah fitur untuk mempersingkat proses dialing dengan nomor singkatan yang hanya terdiri dari 1-2 digit saja.
  2. Call forwading:ini meliputi Unconditional, On busy, No answer, dan call waiting. Fitur ini merupakan suatu cara untuk mengalihkan panggilan yang dating. Aktivasi dapat dilakukan oleh pelanggan maupun operator.
  3. Call waiting:merupakan suatu fitur panggilan tunggu yang memungkinkan pelanggan menerima panggilan lain pada saat teepon sedang digunakan. Softswitch harus mampu mengirimkan tone interupsi jika pelanggan tersebut dalam keadaan busy, selanjutnya sentral tinggal menunggu reaksi dari pelanggan apakah bersedia menerima atau tidak.
  4. Cancel call waiting:fitur ini merupakan fitur pendukung dari system Call Waiting, sebab selain kita dapat menerima call waiting kita juga dapat menolak call waiting yang dating.
  5. Calling line indetification presentasi  (clip ) :merupakan singkatan dari Calling Line Identification Presentation merupakan suatu fitur yang memungkinkan pelanggan mengetahui identitas sipemanggil.
  6. Clip on call waiting:merupakan sebuah fitur yang memungkinkan terminal pelanggan dapat menampilkan nomor pemanggil saat ada call waiting.
  7. Conterence call:ini merupakan sebuah fitur yang memungkinka pelanggan dapat melakukan konferensi telepon, baik sebagai call terminating ataupun sebagai call originating.
  8. Confrex:merupakan fitur yang memungkinkan bebrapa pelanggan untuk membentuk sebuah group pelanggan, sebagaiman dalam system PABX, tanpa dibatasi oleh suatu lokasi.
Kelemahan Softswitch
  • Tergantung pada satu vendor, karena perangkat yang digunakan bersifat prepritary.
  • Investasi yang sangat tinggi.
  • Adanya fungsi kontrol, fungsi layanan dan fungsi network melekat dalam sirkit switch, sehingga operator sulit melakukan pengembangan dan diversivikasi layanan.
Keuntungan Softswitch
  • Konstruksi:jaringan dapat dibangun dengan biaya minimal, bandingkan jika kamu membangun sebuah sentral besar ?
  • Operasi dan pemeliharaan :biaya operasidan pemeliharaan jaringan terpadu akanlebih ekonomis dan mudah dibanding dengan jaringan yang terpisah
  •  Layanan : jaringan bisa memberikan layanan nilai tambah yang dapat meningkatkan daya saing perusahaan
  • Customer : jaringan bisa memberikan layanan yang lebih personal yang mendukung upaya pemeliharaan dan penambahan pelanggan.

3.Manfaat Softswitch 
  • Teknologi Softswitch mampu menghubungkan antara internet, jaringan wireless, jaringan kabel dan jaringan telepon tradisional.
  • Jaringan pusat (core network) dapat dicapai menggunakan Softswitch.
  • Softswitch memampukan jaringan telepon untuk berkomunikasi dengan jaringan data/internet dan sebaliknya.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi subscriber

Konfigurasi Subscriber pada internet telepon Banyak teknologi DSL menggunakan sebuah lapisan  asynchronous transfer mode  agar dapat beradaptasi dengan sejumlah teknologi yang berbeda. Implementasi DSL dapat menciptakan  jembatan jaringan  atau  penghalaan . Dalam konfigurasi jembatan jaringan, kelompok komputer pengguna terhubungkan ke subnet tunggal.  Implementasi awal menggunakan DHCP  untuk menyediakan detail jaringan seperti  alamat IP  kepada peralatan pengguna, dengan otentikasi melalui  alamat MAC  atau memberikan nama host. Kemudian implementasi seringkali menggunakan  PPP melalui  Ethernet  atau asynchronous transfer mode ( PPPoE  atau  PPPoA ). DSL juga memiliki rasio pembagian jaringan data yang layak dipertimbangkan pada saat memilih teknologi  jalur lebar . Instalasi Subscriber secara umum internet telepon. Melakukan Dial-Up Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk terkoneksi dengan internet. Salah satu caranya adalah koneksi internet dengan dial

Pengertian Cute ftp dan kegunaannya

CUTE FTP Pengertian Cute FTP Cute ftp merupakan salah satu aplikasi file transfer (ftp) populer yang bisa di sandingkan dengan pesaingnya seperti filezilla.  Cute ftp itu sendiri terdiri dari berbagai versi, versi cute ftp2.0 dan cute ftp4.0.untuk tampilan cute ftp4.0 hampir sama dengan cute ftp2.0 namun fasilitasnya lebih lengkap. Cute ftp home koneksi dan transfer yang aman ,sesuai,efisien dari dan ke server  ftp tujuan . Kegunaannya: 1). Mengupload web page anda kedalam FTP Server ISP untuk dapat dilihat pada sebuah web browser. 2).Mengupload file pekerjaan kedalam sebuah server FTP. 3).Mengupload image anda kedalam sebuah server FTP. 4).Mengupload atau mengunduh multimedia file seperti file music,video, atau image. 5).Mengunduh patch game, program, atau demo game terbaru dari server FTP. 6).Mengunduh file berukuran besar lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan web browser anda.