Langsung ke konten utama
Prosedur Pengamatan Kerja Sistem Telekomunikasi menggunakan VOIP

  1. Transmission Control Protocol (TCP) merupakan protokol yang menjaga reliabilitas hubungan komunikasi end- to-end. Konsep dasar cara kerja TCP adalah mengirim dan menerima segmen–segmen informasi dengan panjang data bervariasi pada suatu datagram internet. Dalam hubungan VoIP, TCP digunakan pada saat signaling, TCP digunakan untuk menjamin setup suatu panggilan pada sesi signaling. TCP tidak digunakan dalam pengiriman data suara karena pada komunikasi data VoIP penanganan data yang mengalami keterlambatan lebih penting daripada penanganan paket yang hilang.
  2. User Datagram Protocol (UDP) merupakan salah satu protocol utama diatas IP, yang lebih sederhana dibandingkan dengan TCP. UDP digunakan untuk situasi yang tidak mementingkan mekanisme reliabilitas. UDP digunakan pada VoIP pada pengiriman audio streaming yang berlangsung terus menerus dan lebih mementingkan kecepatan pengiriman data agar tiba di tujuan tanpa memperhatikan adanya paket yang hilang walaupun mencapai 50% dari jumlah paket yang dikirimkan. Karena UDP mampu mengirimkan data streaming dengan cepat. Untuk mengurangi jumlah paket yang hilang saat pengiriman data (karena tidak terdapat mekanisme pengiriman ulang) maka pada teknologi VoIP pengiriman data banyak dilakukan pada private network.
  3. Internet Protocol (IP) Internet Protocol didesain untuk interkoneksi sistem komunikasi komputer pada jaringan paket switched. Pada jaringan TCP/IP, sebuah komputer di identifikasi dengan alamat IP. Tiap-tiap komputer memiliki alamat IP yang unik, masing-masing berbeda satu sama lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah kesalahan pada transfer data. Terakhir, protokol data akses berhubungan langsung dengan media fisik. Secara umum protokol ini bertugas untuk menangani pendeteksian kesalahan pada saat transfer data. Untuk komunikasi datanya, Internet Protokol mengimplementasikan dua fungsi dasar yaitu addressing dan fragmentasi. Salah satu hal penting dalam IP dalam pengiriman informasi adalah metode pengalamatan pengirim dan penerima.


Thank you 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian softswitch

Pengertian Softswitch Softswitch adalah suatu alat yang mampu menghubungkan antara jaringan sirkuit dengan jaringan paket, termasuk di dalamnya adalah jaringan telpon tetap  (PSTN) , internet yang berbasis IP, kabel TV dan juga jaringan seluler yang telah ada selama ini. 1. Komponen – komponen softswitch Gateway Controller (GC)    berfungsi untuk mengontrol semua sesi layanan dan komunikasi, mengatur interaksi elemen-elemen jaringan yang lain. Signaling Gateway (SG)    suatu jembatan antara jaringan SS7 dengan jaringan IP dibawah kendali dari MGC.SG hanya menangani pensinyalan SS7. Media Gateway (MG)    berfungsi sebagai elemen transport untuk merutekan trafik dalam jaringan softswitch dan juga mengirim atau menerima trafik dari jaringan lain yang berbeda. Feature Server (FS)    menggunakan sumber daya dan layanan yang terkait dengan komponen yang lain pada  softswitch  tersebut. Media Server (MS)    fungsinya yakni, untuk memperkaya  softswitch  dengan kemampuan

Konfigurasi subscriber

Konfigurasi Subscriber pada internet telepon Banyak teknologi DSL menggunakan sebuah lapisan  asynchronous transfer mode  agar dapat beradaptasi dengan sejumlah teknologi yang berbeda. Implementasi DSL dapat menciptakan  jembatan jaringan  atau  penghalaan . Dalam konfigurasi jembatan jaringan, kelompok komputer pengguna terhubungkan ke subnet tunggal.  Implementasi awal menggunakan DHCP  untuk menyediakan detail jaringan seperti  alamat IP  kepada peralatan pengguna, dengan otentikasi melalui  alamat MAC  atau memberikan nama host. Kemudian implementasi seringkali menggunakan  PPP melalui  Ethernet  atau asynchronous transfer mode ( PPPoE  atau  PPPoA ). DSL juga memiliki rasio pembagian jaringan data yang layak dipertimbangkan pada saat memilih teknologi  jalur lebar . Instalasi Subscriber secara umum internet telepon. Melakukan Dial-Up Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk terkoneksi dengan internet. Salah satu caranya adalah koneksi internet dengan dial

Pengertian Cute ftp dan kegunaannya

CUTE FTP Pengertian Cute FTP Cute ftp merupakan salah satu aplikasi file transfer (ftp) populer yang bisa di sandingkan dengan pesaingnya seperti filezilla.  Cute ftp itu sendiri terdiri dari berbagai versi, versi cute ftp2.0 dan cute ftp4.0.untuk tampilan cute ftp4.0 hampir sama dengan cute ftp2.0 namun fasilitasnya lebih lengkap. Cute ftp home koneksi dan transfer yang aman ,sesuai,efisien dari dan ke server  ftp tujuan . Kegunaannya: 1). Mengupload web page anda kedalam FTP Server ISP untuk dapat dilihat pada sebuah web browser. 2).Mengupload file pekerjaan kedalam sebuah server FTP. 3).Mengupload image anda kedalam sebuah server FTP. 4).Mengupload atau mengunduh multimedia file seperti file music,video, atau image. 5).Mengunduh patch game, program, atau demo game terbaru dari server FTP. 6).Mengunduh file berukuran besar lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan web browser anda.